January 21, 2009

eMotions

eMotions.009.jpg

Experience the Motions

An interchange is a location where two things meet, usually perform some kind of exchange, and possibly go on their ways again. ( Wikipedia )

stasiun interchange dukuh atas adalah usaha merangkum dan menghubungkan gerakan manusia dari satu ransportasi ke transportasi lainya. Dibanding dengan menghadirkan tipologi stasiun yang biasanya, stasiun ini berusaha menghadirkan pengalaman baru dalam bertransportasi. Ditengah kepadatan dan keriuhan transportasi, stasiun ini menghadirkan hiburan dan teknologi, sehingga pengunjung dapat tetap dapat bekerja, bermain, bersinggah lewat bisnis center, fasilitas publik, hiburan, retail, dan taman terbuka yang dapat dipakai sebagai tempat menikmati ruang hijau yang semakin hilang di jakarta.

Sebuah sistem transportasi publik yang baik, kini adalah salah satu kebutuhan mutlak bagi Kota Jakarta. Area Dukuh Atas yang direncanakan sebagai salah satu titik lokasi pengembangan ( interchange ) dari berbagai moda transportasi dan angkutan umum massal saat ini belum memiliki sebuah stasiun dengan desain yang dapat mengintegrasikan seluruh moda dengan baik dan menjawab berbagai permasalahan urban di kawasan Sudirman dan sekitarnya.

Konsep utama dari Stasiun Dukuh Interchange ini adalah merangkum berbagai moda transportasi makro di area Dukuh Atas, menjadi sebuah tatanan yang memberi kemudahan dan kejelasan koneksi dalam kota. Pengguna dari dan dengan berbagai tujuan, moda transportasi yang berbagai macam, berbagai aktivitas yang kompleks dan berbagai arus sirkulasi yang saling bersilangan diintegrasikan sedemikian rupa sehingga mudah diakses dan dinikmati pengguna.

Bentuk fluid stasiun ini terinspirasi dari kecepatan dan pergerakan yang terjadi. Bentuk yang cenderung kontras bagi tapak sekitarnya yang cenderung padat berupa gedung-gedung tinggi, menjadi suatu oase di salah satu area paling sibuk di Jakarta ini. Bentuk “splash” menghubungkan beberapa titik dengan masing-masing kakinya. Masing – masing “kaki” bangunan seakan menangkap dan mengeluarkan para penggunanya. Sebagai sebuah urban linkage yang menghubungkan berbagai area di / ke / dari Jakarta, bentuk ini diharapkan mengarahkan pengguna agar dengan mudah dapat menuju tempat perhentian berikutnya. Platform yang terbentuk dari atap stasiun ini juga menyediakan sebuah pelataran publik untuk menikmati area Sudirman dan sekitarnya, yang merupakan salah satu area terbaik kota Jakarta, dengan pemandangan gedung – gedung tinggi, Patung Sudirman, dan lampu-lampu yang indah di malam hari.

eMotions.014.jpg
eMotions.012.jpgeMotions.011.jpgeMotions.013.jpg

Pemenang 1 Sayembara Stasiun Dukuh atas Interchange
Copyright 2008 Han Awal & Partners Architect
Adria Ricardo, Dona Paramita, Grace Kartono, Monica Renata, Margareta Amelia Miranti, Noviardi Prasetya, Paskalis Khrisno Ayodyantoro, Reginald Agusalim, Varani Kosasih, Yori Antar, Yurike Safanayong,