Temple Of Knowledge

Perpus+UI.001.jpg
Sebuah kerinduan untuk menemukan pencerahan pengetahuan.

Bangunan ini adalah penjabaran pusat dari sebuah keruangan yang merupakan sebuah manifestasi kesatuan Lingkungan Universitas Indonesia. Sebuah Usaha untuk mentraformasikan massa ke dalam sebuah pengalaman ruang yang menyeluruh, sehingga bangunan ini dapat dialami sebagai sebuah ruang yang tidak mempunyai batas dan netral.

Bangunan ini dirancang dengan bentuk dasar geometris dan berada pada sumbu sumbu penting kompleks Universitas indonesia untuk menghormati bangunan dan lingkungan sekitarnya.

Hierarki kaki badan dan kepala merupakan suatu perjalanan para pelajar dalam pencariannya untuk menemukan pencerahan, dalam hal ini ilmu pengetahuan yang sedang mereka tekuni. Bagian bangunan yang transparan merupakan perwujudan wujud dari yang tak nyata dari pencapaian hidup dan keterbatasan ilmu pengetahuan dan tentunya sebagai penjabaran atas ilmu pengetahuan yang transparan yang bisa didapat siapa saja.

Perpus+UI.021.jpgPerpus+UI.042.jpgPerpus+UI.037.jpgPerpus+UI.030.jpgPerpus+UI.043.jpg

Pemenang 2 Sayembara Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia Copyright 2009 Han Awal & Partners Architect Adria Ricardo, Dona Paramita, Noviardi Prasetya, Paskalis Khrisno Ayodyantoro, Yori Antar

About the author