March 29, 2009

sebuah ide tentang Perpustakaan Pusat UI

Sebuah kerinduan yang dahsyat untuk menemukan pencerahan pengetahuan

Bangunan ini adalah usaha perwujudan dari jagad raya/universum yang merupakan sebuah manifestasi dari mikrokosmos kesatuan lingkungan Universitas Indonesia, menjadikan sebuah penjabaran pusat keseluruhan masa yang terjadi di kawasan Universitas Indonesia sehingga bisa dihayati sebagai sebuah ruang tanpa batas.

Bentuk dasar bangunan ini kemudian mengambil bentuk limas segi empat sebagai perwujudan dari mancapat, sebuah esensi kebudayaan kita yang menunjukan penyatuan dari segala arah, bangunan yang merangkum dimensi dimensi sosial sekitarnya dalam hal ini adalah lingkungan sekitarnya yang mengambil pangkal dalam pusar ini. Dengan memperhatikan bentuk ini, juga sebagai pengejewantahan masa yang netral, sebagai dampak perpotongan aksis aksis penting di dalam komplek universitas indonesia.

Hirarki kaki, badan dan kepala yang digunakan, menggambarkan proses perjalanan para pelajar dalam pencariannya untuk menemukan pencerahan dalam usaha menemukan esensi dari ilmu pengetahuan yang sedang mereka pelajari. urutan yang hirarkis dan bersusun vertikal dalam bangunan perpustakaan ini menggambarkan bermacam tingkatan yang harus dilalui oleh manusia dalam perjalanannya untuk mencapai sebuah kesempurnaan dalam hal ini ilmu pengetahuan. Tingkat yang meruncing tak berbatas berupa titik atau pusar, merupakan perwujudan wujud yang tak nyata dari pencapaian hidup dan tak keterbatasan ilmu pengetahuan

Untuk mendirikan sebuah bangunan yang bertujuan menjabarkan kehadiran ilmu pengetahuan , bangunan ini mampu meleburkan seluruh dimensi program dan aktifitas (belajar, bermain, membaca, dll) sehingga menjadikan para pelajar menjadi individu yang lengkap baik dalam bidang sosial, tata laku, keilmuaan, dan lain sebagainya

Desain ini berkembang dari satu bentuk masa bangunan yang mewadahi kompleksitas program yang terkandung didalamnya. Dari sebuah perwujudan nilai gambar dan esensi budaya indonesia, bangunan ini mencoba menggambarkan rekaan alam semesta yang terbagi menjadi kaki, badan, dan kepala. Perwujudan dari komplesitas program ruang yang ada dirangkum dalam tiga bagian besar ini menjadi satu grup atau kelompok ruang dalam kesamaan fungsionalitas.

tujuan akhir dari bangunan ini adalah untuk memisahkan area area dari kelompok fungsi yang berbeda. Setelah menganalisa dari keseluruhan program dan syarat kebutuhan ruang, bangunan ini terbagi menjadi 3 bagian besar yang disusun secara vertikal, yaitu : kelompok kegiatan administrasi dan pelayanan teknis, kelompok ruang publik dan kegiatan mahasiswa dan bisnis, dan paling atas adalah kelompok kegiatan perpustakaan sebagai pusat informasi dan ilmu pengetahuan.