May 2, 2009

trend = kafir

Dalam perkembangan keilmuan dan kesenian, manusia berusaha mencari kebiasaan dimana ia dapat dengan nyaman terhadap pemenuhan dirinya sendiri. Perkembangan sejarah dan teknologi menyebabkan prilaku dan budaya bagaimana manusia kemudian hidup dalam dalam suatu tempat dan waktu. Bermula dari kehidupan nomaden untuk mencari makanannya untuk hidup, kemudian mulai menetap dengan bercocok taman dalam usahanya mengurangi beban berpindah tempat dan menghasilkan makanan sendiri sebagai bahan hidupnya, mulai berhenti bergerak seperti prinsip ekonomis buta untuk meminimalisir usaha guna mendapatkan keuntungan atau memenuhi seluruh kebutuhannya sendiri.

Manusia yang dulunya biadab, kemudian menjadi beradab, menciptakan kebudayaannya sendiri, menciptakan prilaku bahkan peraturan dan aturan yang mengatur hubungannya dengan sesama terlebih menciptakan sebuah kota sebagai perayaan kebudayaan dan keanekaragaman penduduk yang telah menetap karena terpenuhinya semua kebutuhan hidup yang disajikan oleh kota, dalam perkembangannya ilmu pengetahuan dan teknologi berperan serta dalam pembentukan gaya hidup baru sehingga kini dengan keanggihan teknologi menghadirkan semua keinginan kita hanya dengan sebuah klik sederhana pada mouse, telpon, kini manusia berinteraksi lewat teknologi terhadap kebutuhannya, baik untuk menyediakan sandang, pangan.

Fisik manusia semakin sedikit bersinggungan dengan benda benda disekitar kita bahkan manusia di sekitarnya, segala macam kebutuhan dipermudah dan diperkecil agar semakin mudah, semakin ringan, tetapi memiliki banyak pemenuhan kebutuhan yang dibuthkan oleh manusia itu sendiri.

hidup telah tertombolisasi

google = tuhan ?
facebook = ruang publik ?
wiki = sekolah?

dan sayangnya, terdapatnya kemandekkan proses budaya dalam tubuh bangsa ini. Proses yg dulunya sedang berkembang kemudian tergerus dengan produk2 yang di inkulturasikan secara paksa baik oleh inlander atau oleh pembawa sistem kepercayaan baru, Produk kebudayaan yang akhirnya di paksa dengan kepercayaan kita sebagai satu trend baru, satu perubahan yang selalu dipercaya secara mentah membawa peningkatan kualitas hidup kita.

trend adalah sebuah kekafiran.

pilihan ?

jabar : seni media baru
pameran november
gerakan
revolusi
rumah atau rumah kantor
pahlawan
kolaborasi
berbagi
proses

03.42
kotakotak, 26 april 2009
coffeebean kemang – rumahpasta kemang

assa, betmen, cuplis, didit, pecha