Amed-Menjangan Bali, Mei 2014

Perjalanan dadakan ini adalah hasil dari kangennya bertemu dan mencari coral reef yang masih bagus dan sehat dengan harga terjangkau di akhir pekan. juga hasil berburu snorkle baru. Hasilnya adalah perjalanan ke Amed dan Menjangan, Bali. bisa di bilang 2 hari perjalanan mengitari pulau Bali. Amed terletak di timur bali sedangkan pulau menjangan ada di barat laut pulau Bali.

Di hari pertama, perjalanan mobil di mulai dari sanur selama 2.5 jam ke arah amed. Titiknya ada banyak, salah satunya bisa mengendarai hingga titik reruntuhan kapal jepang tak jauh dari bibir pantai. Dari titik ini standar sewa kapal per mei 2014, 1 kapal sebanyak 4 orang maksimal seharga 350 ribu rupiah. sedangkan untuk sewa mask dan fin kira kira 60 ribu per orang.

ada 3 titik yang bisa di datangi untuk snorkle, yaitu daerah kapal karam, pantai jemeluk sekitar gili selang dan pantai bunutan. Sayang di amed ini sedang banyak sampah dari arus sungai dan area kapal karam juga tidak terlihat karena keruhnya air.

perjalanan di lanjutkan ke singaraja dan menginap di rumah teman disana yang ditempuh selama 2 jam tanpa macet dari amed. esok paginya melanjutkan perjalanan selama 2 jam ke menjangan.

Menjangan adalah salah satu tempat terbaik untuk snorkle di bali. dengan coral reef, serta variasi ikan yang banyak. koral koral di area ini masih lumayan terjaga, sehingga masih bisa kita lihat karang yang hidup dan sehat. Sewa kapal di Menjangan menuju pulau menggunakan kapal sedang yang lumayan besar bisa mencapai 10 orang per kapal dengan harga 350-400 ribu rupiah ditambah dengan guide dan asuransi permasing masing orang dengan total 630 ribu untuk 7 orang. Ada 3 titik yang bisa di gunakan sebagai snorkeling yaitu pos 1-tempat bersandar kapal2, cave point, dan pos 2

Sebaiknya ke pulau menjangan ini membawa bekal makan siang karena di pulau tidak ada makanan, sedangkan setiap habis berenang, pasti akan merasakan lelah dan lapar. Menjangan adalah salah satu rekomendasi untuk snorkle dan pasti akan kembali karena keindahan bawah lautnya. ada 2 titik lagi yang patut dikunjungi ; blue lagoon-bias tugal daerah padang bai dan drift snorkeling di crystal bay-manta point-mangrove bay bali. segera 🙂

About the author