Rumah Tinggal di BSD

Rumah ini di tempati dan di huni keluarga besar. Keluarga ini termasuk keluarga yang senang berkumpul. bentuk site yang memanjang ke belakang dengan pemandangan hijau ke belakang membuat orientasi ruang-ruang tidur ke arah belakang. Karena bentuk tapak yang memanjang, maka bangunan di pecah menjadi 2 bagian. Bangunan penerima sebagai area semi publik seperti ruang tidur tamu dan ruang pertemuan kemudian di hubungkan dengan area sirkulasi tangga vertikal dengan ruang-ruang utama.
 
lantai semi basement digunakan seluruhnya sebagai ruang servis. Lantai 1 digunakan sebagai ruang semi publik seperti ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Lantai berikutnya digunakan sebagai ruang tidur. Dengan membagi dua masa bangunan penerima dan masa utama, rumah ini mendapatkan keuntungan dengan memiliki taman dalam yang luas sehingga orientasi ruang-ruang dalam dengan mudah mendapatkan cahaya dan udara alami.
 
Taman di dalam bangunan ini pun tidak hanya di lantai dasar, tetapi juga di tempatkan di masing-masing lantai. Dengan taman-taman yang berada di banyak lantai menguntungkan pemilik rumah untuk lebih leluasa menggunakan ruang terbukanya sebagai ruang bermain, berkumpul ataupun kegiatan lainnya.
 
Rumah BSD
Principal Architect : Yori Antar
Project Architect : Paskalis Khrisno Ayodyantoro
Tahun Konstruksi : 2011 – 2015
Kontraktor : Ladang Jati Sejahtera
Lighting : Ratna Dharmawan
 
POT01
 
POT02
 
POT03
 


 
Foto Oleh Syafril Sujatmoko
 

About the author